Temukan Penyebabnya Temukan Jawabannya; Bicara 10 Dosa Besar

Temukan Penyebabnya Temukan Jawabannya; Bicara 10 Dosa Besar

”Wahai orang-orang yg jiwanya tenang. Kembalilah pada Tuhanmu dalam keadaan ridha dan diridhai. Maka masuklah menjadi hamba-Ku, dan masuklah surga-Ku.” (Qs. al Fajr: 27-30). Allah rindu kepada hamba-hamba-Nya. Maka di antara hamba-Nya ada yang Allah tampakkan sebagian akibat buruk perbuatan buruknya yang membuat dia jauh dari Allah. Supaya apa? Supaya manusia bisa menyadari, memperbaiki dirinya, dan kembali kepada-Nya.”Dan Kami timpakan kepada mereka, sebagian akibat buruk perbuatan buruk mereka, sebelum datangnya azab yang besar buat mereka, supaya mereka kembali.” (Qs. as Sajdah: 21).

Fitrahnya, manusia bersih. Maka ketika keadaan kotor, manusia pasti akan mencari jalan-jalan yang membuatnya kembali bersih. Ada yang mampu membersihkan dirinya, ada yang tidak. Ada yang sadar bahwa dirinya harus dibersihkan, dan kemudian sanggup mengubah haluan, ada yang tidak. Semuanya kita mintakan hidayah Allah. Betapapun dunia ini sebentar. Ketika kembali kepada Allah, semua akan dimintakan pertanggungjawabannya. Maka celakalah apobila hidup kita belum bersih dari dosa, terutama dosa-dosa besar. Barangkali inilah upaya anak manusia untuk kembali kepada Allah dalam keadaan yang bersih. Selanjutnya Allah lah yang berkehendak dan kuasa dalam membersihkan dan mensucikan seseorang.

Sementara itu, kehidupan dunia adalah cerminan kehidupan akhirat. Maka, akibat buruk perbuatan buruk, kadang Allah tampakkan di kehidupan dunia ini, sebagai gambaran yang mestinya jadi peringatan bagi manusia. Kembali lagi, ada yang menyadari ada yang tidak. Ada yang mengetahui, ada yang tidak. Kita pun berharap kita bukan saja tahu dan menyadari, tapi mau dan mampu berbenah diri.

Soal kesalahan, ada kisah yang dinisbahkan kepada Abu Nawas. Dia mencari cincinnya yang jatuh. Ia cari di pekarangan rumah. Keluarganya pun ikut mencari. Begitu juga tetangganya. Semuanya membantu dia untuk mencari cincin itu di mana gerangan adanya.
Hingga kemudian salah satu dari mereka bertanya, ”Memangnya tuh cincin hilang di sebelah mana?”. Abu Nawas menjawab, hilangnya di dalam rumah! Marahlah orang-orang yang membantunya. Kalau hilangnya di dalam rumah, kenapa nyarinya di luar rumah? Buang-buang energi saja. Gerutu orang-orang. Mestinya dikonsentrasikan pencariannya di dalam saja. Begitu kata mereka.

Kisah di atas mengajarkan bahwa begitulah cara manusia dalam mencari jawaban atas permasalahan yang sedang dihadapinya. Banyak nyalahkan orang lain. Padahal kesalahannya ada di diri sendiri. Mencari jawaban di luar, padahal jawabannya ada di dalam.

Sehubungan dengan keadaan kehidupan yang tidak menyenangkan, banyak manusia yang beranggapan dirinya sedang diuji. Sehingga pertanyaan benarkah sedang duji? Bukannya sedang diazab? Menjadi menarik buat dikaji.

Pembahasan kajian ini tentang 10 dosa besar dan kebersihan hidup. Perkara pelanggaran dosa yang banyak terjadilah yang menyebabkan manusia banyak jatuh kepada kondisi yang tidak menyenangkan bagi mereka sendiri. Dalam konsepsi pencarian solusi, perbaikan hidup, perubahan hidup, mencari akar masalah, dari dosa-dosa besar menjadi harus diperhatikan. Supaya segala ikhtiar, segala jalan yang ditempuh, tidak mental sebab tertolak karena urusan dosa yang belum dimohonkan ampunnya dari Allah.
Bicara tentang hidup pun lagi-lagi bicara tentang tauhid dan iman. Perkara tauhid dan iman yang rusak, ini dulu yang harus dibenahi, yang harus dibetulkan.
Ada kisah lain seorang yang lantai rumahnya tergenang air. Banyak orang yang lain langsung mengambil kain lap atau kain pel. Untuk ngepel dan ngelap itu genangan air. Tap kemudian basah lagi, tergenang lagi. Usut punya usut, ternyata gentengnya bocor. Betapapun bersih dan keringnya itu lantai, jika hujan, ya tergenang lagi. Wong gentengnya bocor. Genteng itulah iman dan tauhid. Ini dulu yang harus diperbaiki. Kemudian cara beribadah dan menghamba kepada Allah pun harus ditingkatkan kualitasnya. Solusi dicari, tapi penyebab dari masalah itu sendiri, tidak dicari. Jika demikian, maka bisa jadi jawaban ditemukan, namun sifatnya sementara saja.
Pembahasan tentang 10 dosa besar dan kebersihan hidup, pun berguna buat mereka yang menghendaki keselamatan dan ketenangan hidup.

Tidak ada komentar:

Cara Mendownload

Bagi Anda yang mempunyai akun 4shared, maka silahkan login gunakan akun Anda sendiri. Apabila tidak mempunyai caranya : Klik (klik di sini), klik (unduh), klik (login), ketik : alghazaliemail@yahoo.co.id, password : Bismillah, (Klik login), Klik (unduh gratis), tunggu 20 detik, Klik unduh file, Pilih Save file, Klik Ok. . Selamat mencoba.