5+3= -2; Kuliah Halal Haram

5+3= -2; Kuliah Halal Haram

Allah menyediakan jalan-jalan yang membuat manusia bisa berubah hidupnya; Dari keadaan yang tidak menyenangkan, menjadi menyenangkan. Dari keadaan yang tidak menenangkan menjadi keadaan-keadaan yang menentramkan hati. Dari keadaan-keadaan yang manusia hidup dalam kesulitan, menjadi lepas kesulitan itu dengan jalan-jalan yang mudah bagi manusia untuk menempuhnya. Jalan-jalan yang dimaksud adalah sedekah, dan tahajjud. Tapi sayang, kebanyakan manusia lebih banyak menempuh jalan biasa, jalan yang sulit. Baik dalam mencari rizki, mencari ketenangan, dan dalam mencari jawaban atas permasalahan dan keinginan yang dihadapi. Atau malah memilih jalan yang membuat dirinya malah jadi nestapa. Jalan itu adalah jalan yang haram.

”Dan tatkala manusia melupakan Allah, Allah justru bukakan pintu-pintu kesenangan buatnya. Tapi nanti ketika kesenangan itu sudah ada dalam genggamannya, Allah akan tarik sekonyong-konyong dia jadi terdiam berputus asa.” (Qs. al An’aam: 44).
Pembahasan kajian ini, tentang halal haram. Suatu hal yang sudah dianggap kuno sama orang. Padahal ini yang menentukan berkah tidaknya hidup seseorang.

Bila dalam matematika sedekah diperkenalkan 10 dikurang 1 bukan sembilan melainkan 19. Maka di kuliah halal haram diperkenalkan matematika kebalikannya. Di mana diajarkan 5 ditambah 3 justru jadinya malah -2. Minus. Inilah matematika tentang yang ”haram”. Bahwa ketika seseorang punya harta 3, lalu dia tambah dengan yang haram 5, bukan bertambah menjadi 8. Tapi justru berkurang menjadi -2.

Kalau Allah berkenan membayar kontan, alhamdulillah. Tapi bagaimana kalau Allah mengakumulasikan apa-apa yang haram, lalu ditarik sekaligus? Kiranya tidak akan ada yang kuat. Konversiannya terlalu besar. Tidak sanggup bakalannya manusia pikul. Bisa jadi kesehatan anak yang terancam. Bisa jadi hutang minus bermilyar-milyar hingga terasa tembus ke dasar samudera itu hutang. Bisa jadi konversiannya berupa kenikmatan hidup yang Allah hilangkan, yang rupa-rupa macamnya.

Kepahaman tentang halal haram, insya Allah akan membuat manusia menjadi selamat. Istilahnya, buat apa menempuh jalan yang haram bila nanti sia-sia. Apalagi kenyataan bahwa Allah itu Maha Memudahkan. Allah tutup jalan yang haram. Tapi Allah Allah bukakan jalan yang halal. Tidak tanggung-tanggung. Sekali Allah sudah bukakan jalan yang halal sebab dia bisa melindungi dirinya dari yang haram, maka nilainya akan jauh melampaui yang haram yang sedianya akan diambilnya.

Tersebutlah satu contoh. Ada rombongan dengan 60 orang yang dikepalai oleh satu ketua rombongan. Mereka tiba di salah satu hotel dengan sebelumnya sudah dikonfirmasi atau direservasi. Begitu tiba, ketua rombongan mencari manager ini hotel untuk meminta potongan. Karena rombongannya banyak, 60 orang, dikasihlah potongan yang sangat lumayan. Sekitar 25-30%. Tidak termasuk pajak. Tapi kemudian ada pembicaraan tentang keteguhan hati dan kejujuran. Si ketua rombongan kemudian meminta si petugas administrasi, kasir atau fornt office untuk menyiapkan dua kwitansi. Yang satu, kwitansi bersisi nominal yang belum didiskon. Katanya, diskonnya untuk dia. Dia sudah bawakan rombongan ini ke hotel ini. Petugas hotel menolak. Manajernya pun menolak. Marahlah si ketua rombongan ini, dan dia membawa cabut rombongannya pindah ke hotel lain. Tidak lama, malah datang 120 orang rombongan lain, yang malah belum sempat mereservasi karena tidak tahu nomor telponnya hotel ini. Subhaanallaah, 120-120 nya masuk ke hotel ini, dan tanpa diskon lagi!

Lihat cara Allah membukakan pintu rizki. Dari kisah ini saja, menjadi pembahasan kisah sarat hikmah yang luar biasa yang bakal ditemukan di kajian Halal Haram ini.
Percayalah, ketika Allah menggariskan sesuatu, itu karena Allah Yang Maha Tahu lebih tahu kebaikannya untuk kita. Kita hanya perlu sami’naa wa atha’naa, dengar dan taat, dengan sebelumnya tentu memperkuat keyakinan kita dengan ilmu.

Tidak ada komentar:

Cara Mendownload

Bagi Anda yang mempunyai akun 4shared, maka silahkan login gunakan akun Anda sendiri. Apabila tidak mempunyai caranya : Klik (klik di sini), klik (unduh), klik (login), ketik : alghazaliemail@yahoo.co.id, password : Bismillah, (Klik login), Klik (unduh gratis), tunggu 20 detik, Klik unduh file, Pilih Save file, Klik Ok. . Selamat mencoba.