Do'a Belajar Al-Qur'an


Doa Belajar Al Qur’an

A.   Doa Pembuka

الفاتحة ...
رَبِّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِيْنَ آمِيْن
Ya Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku serta orang-orang yang beriman, amien.

رَبِّ اشْرَحْ لِيْ صَدْرِيْ وَيَسِّرْلِيْ أَمْرِيْ وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِيْ يَفْقَهُوْا قَوْلِيْ
Ya Tuhanku, lapangkanlah dadaku dan mudahkanlah urusanku dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku supaya mereka mengerti perkataanku.
اَللّهُمَّ نَوِّرْ بِكِتَابِكَ بَصَرِيْ وَأَطْلِقْ بِهِ لِسَانِيْ وَاشْرَحْ بِهِ صَدْرِيْ وَاسْتَعْمِلْ بِهِ جَسَدِيْ بِحَوْلِكَ وَقُوَّتِكَ فَإِنَّهُ لاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ إِلاَّ بِكَ وَإِنَّهُ لاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ
Ya Allah, berilah cahaya penerang terhadap penglihatanku dengan kitab-mu, lancarkanlah lisanku, dan lapangkanlah dadaku, serta jadikanlah penuntun perbuatanku dengan daya dan kekuasaanmu, maka sesungguhnya tiada daya dan kekuatan kecuali dari-Mu. Dan sesungguhnya tiada upaya dan kekuatan kecuali dari Allah Yang Mahatinggi dan Mahaagung.  

B.   Doa Penutup

كَلاَمٌ قَدِيْمٌ لاَّ يُمَلُّ سَمَاعُهُ       تَنَزَّهَ عَنْ قَوْلِيْ وَفِعْلِيْ وَنِيَّتِيْ
بِهِ اَشْتَفِيْ مِنْ كُلِّ دَاءٍ وَّنُوْرُهُ      دَلِيْلٌ لِّقَلْبِيْ عِنْدَ جَهْلِيْ وَحَيْرَتِيْ
فَيَا رَبِّ مَتِّعْنِيْ بِسِرِّ حُرُوْفِهِ      وَنَوِّرْ بِهِ قَلْبِيْ وَسَمْعِيْ وَمُقْلَتِيْ
Al-Qur’an adalah kalamullah yang Qodim, tidak membosankan mendengarnya, membersihkan dari kejelekan ucapanku, perbuatanku dan niatku. Karena Al-Qur’an maka aku sembuh dari segala penyakit, Dan cahayanya menjadi petunjuk bagi hatiku ketika mengalami kebodohan dan kebingungan. Maka Ya Tuhanku berilah aku nikmat karena rahasia huruf-huruf Al-Qur’an dan terangilah hatiku dengannya dan pendengaranku dan pengucapku.

اَللّهُمَّ ارْحَمْنَا بِالْقُرْآنِ وَاجْعَلْهُ لَنَا إِمَـامًا وَنُوْرًا وَهُدًى وَرَحْمَةً اَللّهُمَّ ذَكِّرْنَا مِنْهُ مَا نَسِيْنَا وَعَلِّمْنَا مِنْهُ مَاجَهِلْنَا وَارْزُقْنَا تِلاَوَتَهُ آنَاءَ اللَّيْلِ وَأَطْرَافَ النَّهَارِ وَاجْعَلْهُ لَنَا حُجَّةً يَارَبَّ الْعَالمَيْنَ
Ya Allah ya Tuhan kami, curahkanlah rahmat-Mu kepada kami dengan Al-Qur’an. Jadikanlah bagi kami panutan penuntun utama, cahaya penerang gulita, petunjuk menuju ceria dan rahmat dalam segalanya. Ya Allah ya tuhan kami, ingatkanlah kami yang terlupa dari ayat-ayatnya dan ajarilah kami daripanya apa yang tidak kami ketahui. Berilah kepada kami karunia membacanya di tengah malam dan di penghujung siang. Jadikanlah Al-Qur’an ini sebagai alasan bagi kami wahai Tuhan sekalian alam.

سُبْحَـانَكَ اللّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَإِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ
Mahasuci Engkau ya Allah dan segala puji bagi-Mu, aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Engkau, ampunilah aku dan kepada-Mu aku bertaubat.

Download Doa belajar Al Qur'an pdf di sini, Klik di sini 

Cara Mendownload

Bagi Anda yang mempunyai akun 4shared, maka silahkan login gunakan akun Anda sendiri. Apabila tidak mempunyai caranya : Klik (klik di sini), klik (unduh), klik (login), ketik : alghazaliemail@yahoo.co.id, password : Bismillah, (Klik login), Klik (unduh gratis), tunggu 20 detik, Klik unduh file, Pilih Save file, Klik Ok. . Selamat mencoba.